Resiko Dan Bahaya Lasik Mata

Resiko Dan Bahaya Lasik Mata.- Operasi lasik merupakan pengobatan yang dinilai efektif untuk membuat mata rabun jauh maupun silinder kembali normal.

Operasi mata ini menggunakan teknologi sinar laser untuk mengoreksi penglihatan. Para pasien pun tak perlu khawatir mengenai efek sampingnya pada mata pascaoperasi.

Dokter spesialis mata, Annette Mariza memastikan, operasi lasik merupakan operasi mata yang sangat aman karena didukung teknologi canggih.

Akan tetapi operasi lasik mata tetap saja bisa beresiko jika tidak dilakukan secara benar, berikut ini resiko yang muncul setelah operasi lasik mata :

  • Mata kering
    Operasi dengan menggunakan laser yang diarahkan ke bagian mata dapat sangat mengancam, terlebih jika terjadi kesalahan. Mata kering menjadi efek paling umum yang terjadi pasca operasi LASIK apabila kelenjar air mata terpengaruh sorotan laser. Akibatnya, mata kehilangan kemampuan melembabkan alaminya.
  • Efek samping gangguan melihat
    Penglihatan yang bermasalah di malam hari dan seakan terdapat bintik-bintik pada setiap objek adalah resiko operasi ma LASIK selanjutnya, hal itu terjadi akibat kesalahan teknik koreksi kornea yang terjadi selama prosedur berlangsung.
  • Resiko kebutaan
    Alih-alih memperbaiki daya penglihatan yang menurun akibat minus, Anda justru terpapar resiko yang sangat mengerikan. Anda hanya dapat melakukan lasik apabila level minus mencapai 7 atau lebih. Sementara itu, jika minus Anda belum 7, resiko kebutaan akibat operasi bisa mengancam.
  • Bulu mata tumbuh di tempat tak seharusnya
    Sorotan laser operasi LASIK juga dapat mengakibatkan kerusakan sisi dalam kelopak mata. Sebagai akibatnya, bulu mata bisa tumbuh ke dalam bola mata. Dan gara-gara kondisi itu, Anda bisa jadi harus menjalani prosedur operasi lainnya.

Kelemahan Operasi Lasik Mata

  • Hasil buruk : Meskipun prosedur ini dikatakan sangat efektif, beberapa orang mungkin tidak mengalami peningkatan yang cukup, bahkan setelah menjalani operasi. Hal ini juga berpendapat bahwa hasil yang baik hanya untuk pasien yang memiliki masalah mata ringan atau sedang dan bukan untuk mereka yang memiliki masalah mata parah dan sudah lama.
  • Efek Samping : Dalam kasus operasi mata LASIK, dapat menimbulkan efek samping yang tidak biasa. Sementara beberapa dapat mengalami mata melotot, adanya lingkaran cahaya, dan penglihatan ganda, masalah dengan penglihatan pada malam hari juga banyak ditemukan. Sebagian besar pasien mungkin mengalami mata kering selama beberapa bulan setelah operasi, tapi untuk beberapa, sindrom mata kering yang parah dapat bertahan lebih lama dan membutuhkan perawatan. Efek samping lain termasuk kelebihan koreksi, kekurangan koreksi, induksi silindris, sensitivitas cahaya, dll.
  • Komplikasi : Pembedahan ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi kornea, perpindahan atau lipatan di penutup kornea, lipatan terselip, perdarahan Subconjunctival dan penipisan kornea juga dialami oleh beberapa orang.
  • Bedah Koreksi : Dalam beberapa kasus, operasi lain mungkin diperlukan baik untuk meningkatkan hasil atau untuk memperbaiki masalah yang ditimbulkan oleh operasi sebelumnya. Sementara kekurangan koreksi diperbaiki dengan operasi kedua, kelebihan koreksi sering diperbaiki dengan lensa kontak atau kacamata.
  • Kacamata atau Lensa : Kebebasan dari kacamata atau lensa dikatakan menjadi keuntungan tambahan dari operasi mata LASIK. Namun dalam beberapa kasus, kacamata atau lensa mungkin diperlukan, bahkan setelah operasi.
  • Kerugian Pada Mata atau Kerusakan Ireversibel : Operasi mata LASIK melibatkan pembentukan jaringan kornea. Dalam beberapa kasus tertentu yang jarang, kehilangan penglihatan atau kerusakan permanen mungkin terjadi, sebagai akibat dari prosedur ini. Operasi dan pengobatan lebih lanjut kadang dapat memperbaiki kerusakan.
  • Biaya tinggi : Operasi mata LASIK membutuhkan biaya mahal dan sebagian besar perusahaan asuransi tidak mencakup prosedur ini.

posted by. obatrabunjauh.aldotter.com