Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Mata

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Mata.- Mungkin anda tidak pernah menyadari bahwa di setiap aktifitas anda terdapat kebiasaan buruk tersembunyi yang bisa merusak mata anda.

Ketika kecil, seringkali kita diperingatkan oleh orangtua agar tidak menonton tv terlalu dekat demi menjaga kesehatan mata. Orangtua Anda mungkin mengatakan, “Nanti matamu rusak, nak.” Lalu, bagaimana dengan mencoba kacamata baca teman di sekolah? Mungkin banyak juga yang mendapatkan peringatan yang sama seperti itu. Namun seorang spesialis mata menepis anggapan yang sudah meluas tersebut. Dan ternyata peringatan tersebut merupakan mitos yang umum, dan ada beberapa hal lain yang harus lebih dikhawatirkan jika Anda ingin melindungi kesehatan mata Anda.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Optegra Eye Siences pada 2,000 orang menyatakan bahwa lebih dari setengahnya menganggap bahwa kedua mitos tersebut adalah benar.
Lebih dari 50 persen orang beranggapan bahwa mengenakan kacamata baca orang lain bisa merusak mata mereka, dan 47 persen orang percaya bahwa menonton televisi terlalu dekat berpotensi merusak mata.
“Walaupun belum ada bukti yang menegaskan bahwa kedua aktivitas tersebut juga hanyalah isapan jempol belaka, yang perlu diperhatikan oleh orang-orang adalah hal apa yang bisa dan tidak berakibat buruk dalam rangka menghindari masalah penglihatan jangka panjang,” ujar Dr. Clare O’Donnell, seorang optometris terdaftar dan pemimpin dari Optegra Eye Sciences.

Berikut beberapa tips berguna yang bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda :

  • Layar monitor

Sekitar 61 persen dari responden pada studi ini mengakui bahwa mereka bisa menatap layar monitor untuk waktu yang lama tanpa istirahat.
Bukan layar monitor yang merusak, atau duduk terlalu dekat, namun karena tidak beristirahat dalam waktu yang lama yang dapat merusak mata.

Menurut Dr. O’Donnell, ktia mengurangi jumlah kedipan mata ketika kita sedang menatap layar monitor, baik itu televisi atau pun gadget, dan hal ini membuat mata menjadi kering, dan berpotensi merusak mata.
“Sangat penting untuk rutin beristirahat dari aktivitas melihat monitor dari jarak dekat, dan ingatlah untuk cukup berkedip,” ujarnya.

  • Higienitas

Penelitian tersebut menemukan bahwa jumlah orang yang mengkhawatirkan matanya sangat signifikan, namun juga tidak sedikit yang tidak mempedulikannya.
Bagi mereka yang menggunakan lensa kontak harus selalu ingat untuk melepasnya ketika mereka tidur, dan agar tidak menggunakannya secara bersama-sama dengan orang lain. Karena sekitar 17 persen dari pengguna lensa kontak mengakui kepada Dr. O’Donnell terkadang mereka menggunakannya ketika tidur. Dan banyak orang lain yang menggunakan lensa kontak lebih lama dari masa pakainya.
Dr O’Donnell memperingatkan: “Sangat dimengerti dengan gaya hidup yang sangat sibuk, beberapa kebiasaan menjadi terlupakan, namun higienitas seharusnya jangan dilupakan. Jadi Anda harus ingat untuk melepaskan lensa kontak Anda dimalam hari, jangan memakainya bergantian dengan orang lain, dan jangan menyentuh mata Anda dengan tangan yang belum dicuci dan dikeringkan.”

  • Sinar matahari

Sinar matahari yang terlalu terik bisa sangat merusak mata, menurut Dr O’Donnell. Sayangnya, hanya 36 persen orang pada studi ini yang menyadari bahwa kacamata hitam lebih dari sekadar untuk bergaya dan agar bisa melihat lebih baik ketika silau, yang ternyata gunanya juga banyak untuk kesehatan mata.
Dr. O’Donnell menjelaskan, “Kita tidak boleh meremehkan akibat berbahaya dari matahari pada penglihatan kita.” Gunakan selalu kacamata hitam bersertifikat karena mata Anda tidak ternilai harganya.

  • Alkohol dan rokok

Dr O’Donnell menyebutkan bahwa gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan kerusakan pada mata, sama seperti akan menimbulkan masalah pada jantung, paru-paru, dan kulit. Sekitar 70 persen dari praktisi kesehatan meyakini bahwa merokok merupakan salah satu penyebab utama masalah kesehatan mata.
Minum alkohol secara berlebihan dan tidak mengkonsumsi makanan sehat juga memiliki akibat negatif, menurut para praktisi kesehatan.
Mengonsumsi makan seperti blueberry, sayuran berdaun hijau dan minyak ikan bisa membantu mata tetap prima.
“Selain menerapkan gaya hidup yang sehat, penting juga untuk memastikan bahwa Anda mengeccek kesehatan mata secara rutin.” ujar spesialis mata tersebut.
“Ini sangat penting untuk mendeteksi gejala dini dari masalah potensial, dan harus dilakukan paling tidak setiap dua tahun kecuali dianjurkan berbeda.” tutupnya.

Cara Mencegah Kerusakan Mata

Untuk mencegah kerusakan mata, sebaiknya anda tinggalkan kebiasaan buruk seperti diatas. Kami juga menyarankan anda untuk mengkonsumsi Walatra Sehat Mata Softgel. Walatra Sehat Mata Softgel ini merupakan produk herbal dari CV JOGJA NATURAL HERBAL yang terbuat dari bahan alami. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Walatra Sehat Mata Softgel anda bisa klik => walatrasehatmatasoftgel.aldotter.com

Atau anda juga bisa langsung pesan Walatra Sehat Mata Softgel dengan Klik => Cara Pemesanan Walatra Sehat Mata Softgel

posted by. obatrabunjauh.aldotter.com